Suradi - Kerjinan Kulit

on Jumat, 27 Februari 2009

Mencegat wisatawan di mulut jalan sentra industri keramik Kasongan, sekarang lagi trendi. Kerajinan apapun dapat ditemui di sepanjang jalan raya Kasongan. Suradi, seorang pengrajin kulit, adu nasib, dengan mendirikan showroom di pinggir jalan raya Kasongan. Tiga produk unggulannya adalah: Tempat lilin kulit, Wayang kulit dan Kap lampu dinding. Harganya bervariasi, berkisar antara Rp 45 ribu sampai Rp 150 ribu.


Memproduksi kerajianan berbahan baku kulit memang harus hati-hati dan telaten. Sehingga dibutuhkan cukup banyak tenaga kerja. Bila kerajianan berbahan baku lain bisa dikerjakan 4 � 5 tenaga trampil; maka Suradi harus lebih banyak merekrut tenaga trampil, saat ini sebanyak 20 orang. Hal itu dikarenakan, untuk produk berbahan baku kulit memang membutuhkan spesialisasi, sehingga tidak bisa dikerjakan secara serabutan.
Setiap bulan, Suradi Leather mampu memproduksi maksimal 500 pcs dalam berbagai jenis kerajinan; dengan omset Rp 5 juta.

Sampai saat ini, produk berbahan baku kulit karya-karyanya sudah merambah ke berbagai kota, antara lain Jakarta, Bali, dan lokal Jogjakarta. Pemasaran ke mancanegara, untuk sementara baru menggarap Turki.

Dengan membuka showroom di pinggi jalan Kasongan, Suradi optimis ke depan dagangannya kian laku. Pemasaran yang juga dinilainya strategis adalah melalui internet. Suaradi menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Bupati Bantul yang telah membangun situs bisnis bantulbiz.com; di mana apara pengrajin diberi kesempatan untuk memasarkan karya-karyanya lewat internet tanpa bayar.***

0 komentar:

Posting Komentar