Sanggar Wayang - Kerajinan Wayang

on Jumat, 27 Februari 2009

Sebetulnya kerajinan ini sudah berdiri sejak masa nenek moyang Sabar Raharjo kemudian pada tahun 1982 Sabar Raharjo mengembangkan sendiri dengan mendirikan usaha Sanggar Wayang � SABAR � yang beralamat di Pucung, Wukirsari, Imogiri, Bantul.

Karena kesibukannya, Sabar Raharjo kemudian melibatkan Istrinya Dasiyah yang lahir di Pucung, Wukirsari, Imogiri, Bantul 16 Maret 1965 yang lalu. Awalnya kerajinan ini hanya membuat kerajinan wayang yang berbahan baku dari kulit kemudian melihat perkembangan kerajinan yang ada di Imogiri Sabar tidak hanya membuat kerajinan wayang namun berbagai jenis kerajinan kulit diantaranya Wayang, Kap Lampu, Pembatas Buku dan masih banyak kerajinan lain yang dibuatnya.

Dengan melibatkan 23 karyawan tetap dan 5 tenaga harian Sabar Raharjo sebulan mampu memproduksi 1000 pcs berbagai kerajinan, Sabar Raharjo mengambil bahan bakunya dari Jeporo dan Segoroyoso Bantul. Dan omset perbulan mencapai Rp 25 juta.

Untuk pemasaran produk kerajinannya Sabar Raharjo membuka showroom di kota-kota besar Indonesia seperti di Yogyakarta, Jakarta dan Bali kemudian akhir tahun 2004 membuka showroom di pasar Seni Gabusan Los III Kav. 26 Jl. Parangtritis Km.9 Sewon, Bantul. Disamping itu, juga pernah mengikuti pameran-pameran antara lain di Ina Craft, IKRA, JEC dan PRJ. Produk kerajinan Sabar Raharjo sudah menjual di berbagai kota besar Indonesia di antaranya Surabaya, Malang, Bandung, Jakarta dan Bali kemudian untuk pasar luar negeri Sabar Raharjo sudah menjual di Kairo Mesir dan Taiwan.

0 komentar:

Posting Komentar